Tengah berngi Simbages

Selasa, 19 April 2011

Silabus: pendidikan

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN  INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHSA DAN SENI

SILABUS MATA KULIAH

1.  Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah    : Sosiolinguistik
Kode        :
Bobot SKS      : 2 sks
Semester/jenjang    : 3/S-1
Kelompok Mata Kuliah  : Mata Kuliah Keahlian Prodi
Jurusan/Program Studi  :  Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia      
(Nonkependidikan)
Dosen/Kode Dosen  : Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd
                                                  Afi Fadlilah,SS.,M.Hum (2509)
2.  Tujuan Mata Kuliah
Tujuan  perkuliahan  ini  adalah  untuk  memberikan  pemahaman  bahwa
bahasa itu disamping mempunyai struktur, mempunyai pula sangkut paut dengan
masyarakatnya. Secara terperinci tujuan ini sebagai berikut.
Setelah perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
1)  memahami pegertian sosiolinguistik,
2)  mengetahui dan mengetahui pandangan sosiolinguistik terhadap bahasa,
3)  memahami konsep masyarakat bahasa,
4)  mengetahui dan memahami variasi bahasa dan tipologi bahasa,
5)  megetahui dan memahami kedwibahasaan dan diglosia,
6)  mengetahui  dan  memahami  hubungan  bahasa  dengan  konteks  sosial,
mengetahui dan memahami bahasa baku dan nonbaku,
7)  mengetahui dan memahami pengembangan dan pembinaan bahasa,
8)  mengetahui dan memahami sumbangan sosiolinguistik terhadap bahasa,
9)  mengetahui dan memmahami keadaan sosiolinguistik di Indonesia

PERTEMUAN KE -1
POKOK BAHSAN :Pengertian Sosiolinguistik
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah prosoes belajar mengajar, mahasiswa dapat:
1.  Menjelaskan pengertian sosiolinguistik;
2.   Menjelaskan keterkaitan sosiologi dengan linguistik.
SUMBER 
A. UTAMA
1.  Fishman,Joshua  A.1972.  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2.  Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Press
B. PENGAYAAN
1.  Alwasilah,A.Chaedar.1986.  Sosiologi  bahasa.  Bandung  Angkasa.  Bagian    
Pendahuluan. 2.  Nababan,  P.W.J.  1984.  Sosiolinguistik:  Suatu  Pengantar.  Jakarta:  PT.
Gramedia. Bab II
3.  Pateda, Mansur. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa. Bab 1

TAGIHAN
1.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa mengumpulkan pengertian sosiolinguistik dari berbagai sumber
2.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa  membaca  berbagai  sumber  buku  untuk  mencarai  penegertian
sosiolinguistik

PERTEMUAN KE -2
POKOK PEMBAHASAN: Pandangan Sosiolinguistik terhadap Bahasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasiswa dapat:
1.  Menjelaskan padangan sosiologi terhadap bahasa; 
2.  Menjelaskan pandangan linguistik  terhadap bahasa; 
3.  Menjelaskan pandangan sosiolinguistik terhadap bahasa.
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2.   Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Press
B.  PENGAYAAN
Suwito.1983. Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta:  fakultas Sastra
Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bab 1
TAGIHAN 
1.   TUGAS INSTRUKTUR
Mahasiswa membaca sumber buku pengayaan
2.   TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca

PERTEMUAN KE- 3
POKOK BAHASAN : Masyarakat Bahasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasisawa dapat:
1)  Menjelaskan pengertian masyarakat bahasa;
2)  Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat bahasa;
3)  Menjelaskan terbentuknya masyarakat bahasa.
SUMBER 
A. UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972.  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2.  Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Press
B. PENGAYAAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR Mahasisawa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan.

PERTEMUAN KE- 4
POKOK PEMBAHASAN : Variasi Bahasa (1)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar-mengajar, mahasiswa dapat:
1      Menjelaskan pengertian variasi bahasa;
2.     Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya variasi bahasa
SUMBER 
A. UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972.  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2.  Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Press
B.  PENGAYAAN
1.  Alwasilah, A. Chaedar.1986. Sosiologi Bahasa. Bandung. Angkasa. Bagian 
Pendahuluan
2.     Rusyana,  Yus.  1984.  Bahasa  dan  Sastra  dalam  ….  Kependidikan  .     
Bandung . CV Diponegoro. Bab.II
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI 
Mahasisawa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE- 5
POKOK BAHASAN :Variasi Bahasa (2)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasisawa dapat:
1.  Menjelaskan bentuk-bentuk variasi bahasa;
2.  Memberikan  contoh  dari  bentuk-bentuk  variasi  bahasa  yang  berasal  dari
suatu bahasa
SUMBER 
A.  UTAMA
1.    Fishman, Joshua A.1972. The Sosiology of Language. Massachussetts: 
        Newbury House Publisher. Bab 1
                2.     Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Press

B.  PENGYAAN
1.       Alwasilah, A. Chaedar.1986. Sosiologi Bahasa. Bandung. Angkasa. Bagian    
Pendahuluan
2.     Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan sastra dalam……  Kependidikan . Bandung
.             CV Diponegoro. Bab….
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa mencari contoh variasi bahasa ada pembahasannya

PERTEMUAN KE -6
POKOK BAHASAN : Tipologi Bahasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasisawa dapat:
1.  Menjelaskan tipologi bahasa menurut J. Schmidt;
2.  Menjelaskan tipologi bahasa menurut W. Humbolt;
3.  Menjelaskan tipologi bahasa menurut W.A. Stewart
SUMBER
A.  UTAMA
Hudson, R.A. 1980. Sociolinguostics. London. Cambridge University Press. Bab
II
B.  PENGAYAAN
1.   Alwasilah, A. Chaedar. 1986. Sosiologi Bahasa. Bandung Angkasa. Bab.  
II
2.      Kundjono,  Djoko  (ed).  1982.  Dasar-dasar  Linguistik  Umum.  Jakarta:     
Fakultas Sastra Universitas ……..Bab.7
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasisawa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasisawa membuat rangkuman hasil membaca sumber pengayaan 

PERTEMUAN KE- 7
PKOKO BAHSAN : Kedwibahasaan (1)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasiswa dapat:
1.  Membedakan pengertian bilingualisme dengan bilingual
2.  Menjelaskan latar belakang terjadinya kedwibahasaan
3.  Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya kedwibahasaan
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Appel,  Rene  dan  Pieter  Muysken.  1988.  Language  Contect  and      
Bilingualism. London: Edward……
2.   Weinrich, Uriel. 1970. Language in Contact……….
3.  Rusyana, Yus. 1989. Perihal Kebahasaan. Jakarta: Proyek Pengembangan
Lemabaga Pendidiakan Guru Kependidikan. Bab. 2
B.  PENGAYAAN
Nababan, P.W.J. 1984. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar.  Jakarta: PT Gramedia.
Bab III
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
  Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan
  
PERTEMUAN KE- 8
POKOK BAHASAN: Kedwibahasaan (2)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelaj proses belajar mengajar, mahasisawa dapat:
1.  Membedakan pengertian alih kode dengan campur kode;
2.  Menjelaskan latar belakang terjadinya alih kode;
3.  Menjelaskan latar belakang terjadinya campur kode;
4.  Memberikan contoh bentuk-bentuk campur koede
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Appel,  Rene  dan  Pieter  Muysken.  1988.  Language  Contect  and
Bilingualism. London: Edward……
2.   Weinrich, Uriel. 1970. Language in Contact……….
3.   Rusyana, Yus. 1989. Perihal Kebahasaan .Jakarta: Proyek Pengembangan
Lemabaga Pendidiakan … Kependidikan. Bab. II
B.   PENGAYAAN
1.    Rusyana,  Yus.  1984.  Bahasa  dan  Sastra  dalam  ….  Kependidikan  .  
Bandung . CV Diponegoro. Bab.5
2.    Suwito.  1983.  Sosiolinguistik:  Teori  dan  Problema.  Surakarta:  Fakultas 
Sastra Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bab VI
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasisawa memabaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa mencari contoh bentuk-bentuk campur dalam bahasanya

PERTEMUAN KE- 9
POKOK BAHASAN : Diglosia
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar mengajar, mahasiswa dapat :
1). Menjelaskan pengertian diglosia;
2). Menjelaskan latar belakang situasi diglosia;
3). Menjelaskan situasi diglosia di bebebrapa Negara;
4). Menjelaskan ituasi diglosia di Indonesia.
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Ferguson.  “Diglosia”  dalam  Joshua  A.  Fishman.  1972.  Readings  in  the
Sociology of Language……
2.  Hudson,  R.A.  1980.  Sociolinguistics.  London:  Cambridge  University 
Press. Bab II
B.  PENGAYAAN
Alwasilah, A. Chaedar. 1986. Sosiologi bahasa. Bandung. Angkasa. Bab V dan
Bab VI        TAGIHAN 
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
      Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
      Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE -10 
POKOK BAHASAN: Hubungan Bahasa dengan Konteks Sosial (1)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasiswa dapat:
1.  Menjelaskan keterkaitan bahasa dengan masyarakatnya
2.  Menjelaskan keterkaitan bahasa dengan budaya
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972.  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts: 
Newbury House Publisher.
            2.   Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London.: Cambridg University Pres
3.  Trudgill, Peter. 1974. Sociolinguistics: An Introduction to Language and         
Society ……… penguin books. Bab.III 
B.  PENGAYA
1. Alwasilah, A. Chaedar.1986. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.Bab 3        
2.  Rusyana,  Yus.  1984.  Bahasa  dan  Sastra  dalam  …….  Kependidikan  .
Bandung . CV Diponegoro. Bab.8

TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca sumber pengayaan

PERTEMUAN KE -11
POKOK BAHASAN: Hubungan bahasa dengan konteks sosial (2)
UJIAN TERSTRUKTUR:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasiswa dapat:
1.  Menjelaskan keterkaitan bahasa dengan jenis kelamin
2.  Menjelaskan keterkaitan bahasa dengan ……
SUMBER
A.  UTAMA
Trudgill,  Peter.  1974.  Sociolinguistics:  An  Introduction  to  Language  and
Society. Hadmondswart Penguin Books Bab 4

B.  PENGAYAAN 
Suwito. 1983. Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Fakultas Sastra
Univesitas sebelas maret Bab III
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membaca rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE -12
POKOK BAHASAN :Hubungan bahasa dengan konteks social (3)
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar- mengajar, mahasiswa dapat:
1.  menjelaskan keterkaitan bahasa dengan kelas sosial
2.  menjelaskan keterkaitan bahasa dengan komunikasi
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972  The  Sosiology  of  Language.  Masssachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2. Trudgill,  Peter.  1974.  Sociolinguistics: An  Introduction  to  Language  and
Society. Hadmondswart Penguin Books Bab 2

B.  PENGAYAAN
Suwito.  1983.  Sosiolinguistik:  Teori  dan  Problema.  Surakarta:  Fakultas  Sastra
Univesitas Sebelas Maret Bab II

TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
      Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE -13
POKOK BAHASAN : Bahasa Baku dan Nonbaku
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar mengajar, mahasiswa dapat:
1). Menjelaskan proses pembakuan bahasa;
2). Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa baku;
3). Mengidentifikasi bahasa nonbaku
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Fishman,  Joshua  A.1972  The  Sosiology  of  Language.  Massachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
2.  Moeliono,  Anton  M.  1981.  Pengembangan  dan  Pembinaan  Bahasa.   
Jakarta. Djambatan. Bab IV
B.  PENGAYAAN
1.  Alwasilah,  A.  Chaedar.1986.  Sosiologi  Bahasa.  Bandung:  Angkasa.Bab
IV
2.  Suwito.  1983.  Sosiolinguistik:  Teori  dan  Problema.  Surakarta:  Fakultas
Sastra Univesitas Sebelas Maret . Bagian 2 Bab II dan bab III 3.  Kridalaksana,  Harimurti.  1975.  “……..Ciri  Bahasa  Indonesia  Standar”
dalam Pengajaran Bahasa Sastra. Tahun 1 No. 1. Jakarta: Pusat Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa.
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa menganalisis kalimat baku ……
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE -14
POKOK BAHSASAN: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah proses belajar mengajar, mahasasiswa dapat:
1). Menjelaskan usaha pengembangan dan pembinaan bahasa;
2). Menjelaskan proses pengembangan dan pembinaan bahasa.
SUMBER
A.  UTAMA
1.  Appel,  Rene  dan  Pieter  Muysken.  1988.  Language  Contact  and
Bilingualism. London: Edward……
2.  Fishman,  Joshua  A.1972  The  Sosiology  of  Language.  Masssachussetts:
Newbury House Publisher. Bab 1
3.  Moeliono, Anton M. 1981. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Jakarta.  
Djambatan. Bab III

B.  PENGAYAAN
1.  Alwasilah, A. Chaedar.1986.  Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa. Bab
III
2.  Nababan,  P.W.J.  1984.  Sosioliguistik:  Suatu  Pengantar.  Jakarta:  PT.
Gramedia. Bab IV
3.  Rusyana, Yus. 1990. “Baku Peran Antara Pendidiakan Bahsasa dengan
Pembinaan  dan  Pengembangan  Bahasa  Indonesia  dalam  Upaya
Mencerdaskan Bangsa “Pidatao Pengukuhan Guru Besar IKIP Bandung.
TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

PERTEMUAN KE- 15
POKOK BAHASAN: Sumbangan Sosiolinguistik Terhadap Penagjaran Bahasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah  proses  belajar-mengajar,  mahasiswa  dapat  menjelaskan  sumbangan
sosiolinguistik terhadap pengajaran bahasa
SUMBER
A.  UTAMA 1.  Cordu,  S.  Pit.  1975.  Introducing  Applied  Linguistics  .  Harmondswarth:
Penguin Books
2.  Fishman,  Joshua  A.1972  The  Sociology  of  Language. Masssachussetts:
Newbury House Publisher.
3.  Rusyana, Yus. 1990. “Baku Peran Antara Pendidiakan Bahsasa dengan
Pembinaan  dan  Pengembangan  Bahasa  Indonesia  dalam  Upaya
Mencerdaskan Bangsa “Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Bandung

B.  PENGAYAAN
Suwito. 1983. Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Fakultas sastra
Univesitas Sebelas Maret Bab VIII
  TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan   

PERTEMUAN KE -16
POKOK BAHASAN : Keadaan Sosiolinguistik di Indonesia
TUJUAN INSTRUKSIONAL:
Setelah  proses  belajar-mengajar,  mahasiswa  dapat  menjelaskan  keadaan
sosiolinguistik di Indonesia
SUMBER
A.  UTAMA
 Nababan, P.W.J. 1984. Sosioliguistik: Suatu Pengantar.  Jakarta: PT. Gramedia.
Bab 1
B.  PENGAYAAN
Hasil  penelitian  sosiolingistik  pusat  bahasa  dan  disertasi  pada  bidang
sosiolinguisik di Indonesia
  TAGIHAN
A.  TUGAS TERSTRUKTUR
Mahasiswa membaca buku sumber pengayaan
B.  TUGAS MANDIRI
Mahasiswa membuat rangkuman hasil membaca buku sumber pengayaan

 

Tidak ada komentar: