KATA PENGANTAR
Alhamdulillahhirobbil’alamin segala puji hanya bagi Allah SWT rob
pencipta alam yang selalu meridhoi apa-apa yang dilakukan oleh hambanya
dalam kebaikan, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah tentang “Sistem
Komputer” yang ditugaskan oleh dosen bidang studi Pengantar ilmu
Komputer. Shalawat serta salam kita curahkan kepada Nabi besar kita Nabi
Muhammad SAW beserta para sahabat, Keluarga dan para pengikutnya
hingga akhir jaman.
Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas kelompok selama masa
liburan dan Kami mengambil bahan-bahan untuk makalah ini dari berbagai
sumber yaitu, Internet, Koran/majalah, serta melalui metode pustaka.
Selanjutnya kami mohon maaf atas kekurangan dan kelebihan dari
makalah yang kami buat ini jika ada kesalahan dalam pembahasan maupun
penulisan, karena kami masih dalam tahap belajar.
Makalah ini kami buat dengan harapan semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi teman-teman semua khususnya bagi kami sendiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb.,
Bandung, Oktober 2008
Penulis P a g e | 3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistem Komputer
2.1.1 Pengertian Sistem
2.1.2 Pengertian Komputer
2.1.3 Pengertian Sistem Komputer
2.1.4 Komponen – komponen Komputer
2.1.4.1 Hardware (Perangkat Keras)
2.1.4.2 Software (Perangkat Lunak)
2.1.4.3 Brainware
2.2 Dasar – Dasar Sistem Komputer
2.2.1 Satuan Data
2.2.2 Sistem Pengkodean Karakter
2.2.3 Sistem Bilangan
2.2.4 Representasi Bilangan
2.2.5 Perkembangan Sistem Komputer
2.2.6 Generasi Komputer berdasarkan tekologinya
2.3 Sejarah Perkembangan Komputer
BAB III PENUTUP
Daftar Pustaka
P a g e | 4
BAB I PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,
bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau
tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat
sendiri. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah
dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Makalah ini kami juga kami buat untuk memenuhi salah satu tugas liburan
yang diberikan oleh dosen bidang studi pengantar ilmu komputer.
Sebetulnya banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami
coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan
secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara
keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang
banyak. Makalah ini kami susun se-simpel mungkin agar para pembaca
mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, makalah ini juga kami
lengkapi dengan gambar-gambar agar pembaca tidak hanya
membayangkannya saja tapi bisa mengetahui secara nyata.
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang
tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat
membaca.
P a g e | 5
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistem Komputer
2.1.1 Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen
yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi
atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu
set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali
bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan
suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang
saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang
berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara
tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-
hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan
untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya
menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem
adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
2.1.2 Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok
untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem pengolah informasi." P a g e | 6
2.1.3 Pengertian Sistem komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan
komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat
Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail),
komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann,
yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan
alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
2.1.4 Komponen – komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3. Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
2.1.4.1 Hardware (Perangkat Keras)
• Processing Device P a g e | 7
1. CPU
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit)
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan
dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array
(BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan
sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam
satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti
pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi
sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan
"kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan
oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan
mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali
hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit
kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di
slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah
lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa
perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain). P a g e | 8
• Input dan Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam
alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke
yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer,
scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam
ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem
komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam
pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem
pengolah data.
1. Input Device
Input merupakan proses pemasukan data ke dalam sistem
komputer, adapun alat-alatnya adalah :
- Mouse
- Keyboard
- Scanner
2. Output device
Output merupakan hasil dari sebuah proses pengolahan
data, dan komponen-komponen dari output adalah : P a g e | 9
- Monitor
- Printer
- Speaker
• Storage Device
1. Internal Storage
Internal Storage adalah media penyimpanan yang terdapat
di dalam komputer seperti :
- ROM
- RAM
2. External Storage
External Storage adalah Media Penyimpanan yang
terdapat di luar komputer ( Umumnya Berbentuk Disk ), seperti :
- Hardisk
- Disket
- CD
- Flashdisk
2.1.4.2 Software (Perangkat Lunak)
• Operating System (Sistem Operasi)
Sistem operasi ialah Program dasar pada komputer yang
menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti:
- Linux
- Windows P a g e | 10
- Mac OS.
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus
penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output,
pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan,
kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang
mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
• Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah sebuah program untuk mengerjakan
suatu pekerjaan tertentu, seperti :
- Microsoft Office
- Antivirus
- Pemutar Musik
• Program Language (Bahasa Pemrograman)
Program laguage atau bahasa pemrograman adalah bahasa
yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan
komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa
pemrograman, seperti :
- Visual basic
- Turbo pascal
- Delphi
2.1.4.3 Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan
maka tidak akan dapat digunakan.
2.2 Dasar Sistem komputer
Dasar suatu sistem komputer pada umumnya terbagi 6, yaitu :
1. Satuan Data P a g e | 11
2. Penyajian Informasi
3. Komponen Sistem Komputer
4. CPU
5. Memori Internal
6. Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
2.2.1 Satuan Data
Satuan Data terkecil dalam komputer adalah bit.
Satuan terkecil untuk menggambarkan ukuran memori adalah
Byte.
Kadang juga digunakan satuan dalam bit per detik (bps = bit per
second).
Berikut adalah Daftar Satuan data :
Satuan Ekivalen Keterangan
byte 8 –bit 21
Kilobyte 1024 byte 210
Megabyte 1024 kilobyte 220
Gigabyte 1024 megabyte 230
Terabyte 1024 gigabyte 240
Petabyte 1024 terabyte 250
P a g e | 12
Berikut adalah Satuan Waktu dan Frekuensi :
Satuan Ekivalen Ket.
Milidetik 1/1.000 detik 10-3
Mikrodetik 1/1.000.000 detik 10-6
Nanodetik 1/1.000.000.000 detik 10-9
Pikodetik 1/1.000.000.000.000 detik 10-12
2.2.2 Sistem Pengkodean Karakter
Terdapat beberapa jenis sistem pengkodean karakter, Tiga yang
paling populer adalah:
ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
dikembangkan oleh ANSI (American National Standards
Institute). Pada awalnya menggunakan 7-bit untuk menyatakan
sebuah kode. Belakangan ASCII dikembangkan dengan
menggunakan 8-bit.
EBDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange
Code) dibuat IBM pada tahun 1950-an dengan menggunakan
8-bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM
System/360. Standard ini diterapkan pada komputer
mainframe.
Unicode
Contoh Karakter pada EBCDIC & ASCII
Karakter Biner ASCII Biner EBCDIC
A 1100 0001 1010 0001
B 1100 0010 1010 0010
C 1100 0011 1010 0011
0 1110 0000 0101 0000
1 1111 0001 0101 0001
2 1111 0010 0101 0010 P a g e | 13
2.2.3 Sistem Bilangan
Komputer digital hanya mengenal dua kondisi yaitu “on” dan “off”
atau dinyatakan dengan bilangan 0 dan 1.Jadi semua data maup
un instruksi harus diubah menjadi bentuk 0 dan 1 (biner) agar
dapat diolah oleh komputer. Jadi nantinya semua basis bilangan
harus dapat dikonversikan ke basis biner.
2.2.4 Representasi Bilangan
Membahas tinjauan secara software dan hardware bagaimana
sistem bilangan disimpan dalam memori dan ditampilkan Tiga
sistem bilangan:
• Bilangan bulat positif (unsigned Integer)
• Bilangan bulat negatif (signed Integer)
• Bilangan Pecahan (floating point)
2.2.5 Perkembangan Sistem Komputer
2.2.6 Generasi Komputer berdasarkan tekologinya
• Vacuum tube - 1946-1957
• Transistor - 1958-1964
• Small Scale Integration - 1965 on
o Up to 100 devices on a chip
• Medium Scale Integration - to 1971
o 100-3,000 devices on a chip
• Large Scale Integration - 1971-1977
o 3,000 - 100,000 devices on a chip P a g e | 14
• Very Large Scale Integration - 1978 to date
o 100,000 - 100,000,000 devices on a chip
• Ultra Large Scale Integration
o Over 100,000,000 devices on a chip
• Pentium Evolution
o 8080
• first general purpose microprocessor
• 8 bit data path
• Used in first personal computer – Altair
o 8086
• much more powerful
• 16 bit
• instruction cache, prefetch few instructions
• 8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
• 16 Mbyte memory addressable
• up from 1Mb
o 80386
• 32 bit
• Support for multitasking
o 8080
• first general purpose microprocessor
• 8 bit data path
• Used in first personal computer – Altair
o 8086
• much more powerful
• 16 bit
• instruction cache, prefetch few instructions
• 8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
• 16 Mbyte memory addressable
• up from 1Mb
o 80386
• 32 bit
• Support for multitasking
• Pentium II
o MMX technology
o graphics, video & audio processing
• Pentium III
o Additional floating point instructions for 3D graphics
• Pentium 4
o Note Arabic rather than Roman numerals
o Further floating point and multimedia enhancements P a g e | 15
• Itanium
o 64 bit
2.3 Sejarah Perkembangan Komputer
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka
perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940
b. Setelah tahun 1940
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.
Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu
manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa
mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala
berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti
pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.
Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa
supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon
yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga
alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita
golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat
sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah
menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik
yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh
secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik
penuh.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum
ditemukannya komputer :
1. Abarcus P a g e | 16
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap
sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan
penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian
geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu
menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa,
Abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kalkulator Roda numerik
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin
komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada
waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu
ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan
delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga
delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan
penjumlahan.
3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti P a g e | 17
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-
roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang
dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat
melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam
kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya,
arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu
membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang
sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris,
Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage
memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas
yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika
membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan
mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk
melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut
dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan
kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja
dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang
pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta
Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan
mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari
pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik
tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk
dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi
programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa
pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip
kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya
adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan P a g e | 18
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya
yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro
tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun
untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru
lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator
untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin
tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang
selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang
dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V.
Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik
yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan
ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa
sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan
matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan
mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer
elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti
karena kehilangan sumber pendanaan.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5
generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk
memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah
terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk
menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak
tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli
dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.
Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
P a g e | 19
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal
sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang
dikemukakan oleh John Von Neuman.
b. EDVAC Computer
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan
komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC Computer
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk
menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1
(Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan
untuk memproses data perdagangan.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi
perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, P a g e | 20
radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih
dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam
jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu
kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan
digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan
yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington
D.C.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-
singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka
juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan
komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem
operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401
yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer
dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang P a g e | 21
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa
tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain
produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-
Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai
umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang
rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah
dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram
dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua
ini.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi
merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon
kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip
tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin
kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang
memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,
Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah
chip tunggal. P a g e | 22
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang
logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama
kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi,
dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk
menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan
tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke
masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.
Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word
processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC
yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang
berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat P a g e | 23
dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan
sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan
komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan
piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,
cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan
bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi
memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi
satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer
tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu
proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local
area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang
menjadi sangat besar.
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan
rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan
dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya
dapat mempercepat kecepatan informasi P a g e | 24
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan
proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang
menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi
mana yang lebih valid dan membuahkan hasil. P a g e | 25
BAB III PENUTUP
Jadi kelompok kami menyimpulkan bahwa :
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak
bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3. Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
Perkembangan komputerpun sangat cepat sekali dan dapat di bagikan
menjadi 5 generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat
guna proses pembelajaran khususnya bidang studi Pengantar Ilmu komputer.
Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam
penulisan/pembahasan kami mohon maaf, karena kami masih dalam proses
pembelajaran. Terimakasih. P a g e | 26
DAFTAR PUSTAKA
http://www.azmifauzan.web.id
http://id.wikipedia.org
http://laeguru.wordpress.com/
Modul STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Alhamdulillahhirobbil’alamin segala puji hanya bagi Allah SWT rob
pencipta alam yang selalu meridhoi apa-apa yang dilakukan oleh hambanya
dalam kebaikan, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah tentang “Sistem
Komputer” yang ditugaskan oleh dosen bidang studi Pengantar ilmu
Komputer. Shalawat serta salam kita curahkan kepada Nabi besar kita Nabi
Muhammad SAW beserta para sahabat, Keluarga dan para pengikutnya
hingga akhir jaman.
Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas kelompok selama masa
liburan dan Kami mengambil bahan-bahan untuk makalah ini dari berbagai
sumber yaitu, Internet, Koran/majalah, serta melalui metode pustaka.
Selanjutnya kami mohon maaf atas kekurangan dan kelebihan dari
makalah yang kami buat ini jika ada kesalahan dalam pembahasan maupun
penulisan, karena kami masih dalam tahap belajar.
Makalah ini kami buat dengan harapan semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi teman-teman semua khususnya bagi kami sendiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb.,
Bandung, Oktober 2008
Penulis P a g e | 3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistem Komputer
2.1.1 Pengertian Sistem
2.1.2 Pengertian Komputer
2.1.3 Pengertian Sistem Komputer
2.1.4 Komponen – komponen Komputer
2.1.4.1 Hardware (Perangkat Keras)
2.1.4.2 Software (Perangkat Lunak)
2.1.4.3 Brainware
2.2 Dasar – Dasar Sistem Komputer
2.2.1 Satuan Data
2.2.2 Sistem Pengkodean Karakter
2.2.3 Sistem Bilangan
2.2.4 Representasi Bilangan
2.2.5 Perkembangan Sistem Komputer
2.2.6 Generasi Komputer berdasarkan tekologinya
2.3 Sejarah Perkembangan Komputer
BAB III PENUTUP
Daftar Pustaka
P a g e | 4
BAB I PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,
bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau
tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat
sendiri. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah
dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Makalah ini kami juga kami buat untuk memenuhi salah satu tugas liburan
yang diberikan oleh dosen bidang studi pengantar ilmu komputer.
Sebetulnya banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami
coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan
secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara
keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang
banyak. Makalah ini kami susun se-simpel mungkin agar para pembaca
mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, makalah ini juga kami
lengkapi dengan gambar-gambar agar pembaca tidak hanya
membayangkannya saja tapi bisa mengetahui secara nyata.
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang
tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat
membaca.
P a g e | 5
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistem Komputer
2.1.1 Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen
yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi
atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu
set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali
bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan
suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang
saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang
berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara
tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-
hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan
untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya
menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem
adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
2.1.2 Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok
untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem pengolah informasi." P a g e | 6
2.1.3 Pengertian Sistem komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan
komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat
Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail),
komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann,
yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan
alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
2.1.4 Komponen – komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3. Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
2.1.4.1 Hardware (Perangkat Keras)
• Processing Device P a g e | 7
1. CPU
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit)
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan
dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array
(BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan
sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam
satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti
pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi
sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan
"kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan
oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan
mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali
hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit
kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di
slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah
lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa
perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain). P a g e | 8
• Input dan Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam
alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke
yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer,
scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam
ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem
komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam
pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem
pengolah data.
1. Input Device
Input merupakan proses pemasukan data ke dalam sistem
komputer, adapun alat-alatnya adalah :
- Mouse
- Keyboard
- Scanner
2. Output device
Output merupakan hasil dari sebuah proses pengolahan
data, dan komponen-komponen dari output adalah : P a g e | 9
- Monitor
- Printer
- Speaker
• Storage Device
1. Internal Storage
Internal Storage adalah media penyimpanan yang terdapat
di dalam komputer seperti :
- ROM
- RAM
2. External Storage
External Storage adalah Media Penyimpanan yang
terdapat di luar komputer ( Umumnya Berbentuk Disk ), seperti :
- Hardisk
- Disket
- CD
- Flashdisk
2.1.4.2 Software (Perangkat Lunak)
• Operating System (Sistem Operasi)
Sistem operasi ialah Program dasar pada komputer yang
menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti:
- Linux
- Windows P a g e | 10
- Mac OS.
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus
penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output,
pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan,
kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang
mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
• Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah sebuah program untuk mengerjakan
suatu pekerjaan tertentu, seperti :
- Microsoft Office
- Antivirus
- Pemutar Musik
• Program Language (Bahasa Pemrograman)
Program laguage atau bahasa pemrograman adalah bahasa
yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan
komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa
pemrograman, seperti :
- Visual basic
- Turbo pascal
- Delphi
2.1.4.3 Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan
maka tidak akan dapat digunakan.
2.2 Dasar Sistem komputer
Dasar suatu sistem komputer pada umumnya terbagi 6, yaitu :
1. Satuan Data P a g e | 11
2. Penyajian Informasi
3. Komponen Sistem Komputer
4. CPU
5. Memori Internal
6. Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
2.2.1 Satuan Data
Satuan Data terkecil dalam komputer adalah bit.
Satuan terkecil untuk menggambarkan ukuran memori adalah
Byte.
Kadang juga digunakan satuan dalam bit per detik (bps = bit per
second).
Berikut adalah Daftar Satuan data :
Satuan Ekivalen Keterangan
byte 8 –bit 21
Kilobyte 1024 byte 210
Megabyte 1024 kilobyte 220
Gigabyte 1024 megabyte 230
Terabyte 1024 gigabyte 240
Petabyte 1024 terabyte 250
P a g e | 12
Berikut adalah Satuan Waktu dan Frekuensi :
Satuan Ekivalen Ket.
Milidetik 1/1.000 detik 10-3
Mikrodetik 1/1.000.000 detik 10-6
Nanodetik 1/1.000.000.000 detik 10-9
Pikodetik 1/1.000.000.000.000 detik 10-12
2.2.2 Sistem Pengkodean Karakter
Terdapat beberapa jenis sistem pengkodean karakter, Tiga yang
paling populer adalah:
ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
dikembangkan oleh ANSI (American National Standards
Institute). Pada awalnya menggunakan 7-bit untuk menyatakan
sebuah kode. Belakangan ASCII dikembangkan dengan
menggunakan 8-bit.
EBDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange
Code) dibuat IBM pada tahun 1950-an dengan menggunakan
8-bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM
System/360. Standard ini diterapkan pada komputer
mainframe.
Unicode
Contoh Karakter pada EBCDIC & ASCII
Karakter Biner ASCII Biner EBCDIC
A 1100 0001 1010 0001
B 1100 0010 1010 0010
C 1100 0011 1010 0011
0 1110 0000 0101 0000
1 1111 0001 0101 0001
2 1111 0010 0101 0010 P a g e | 13
2.2.3 Sistem Bilangan
Komputer digital hanya mengenal dua kondisi yaitu “on” dan “off”
atau dinyatakan dengan bilangan 0 dan 1.Jadi semua data maup
un instruksi harus diubah menjadi bentuk 0 dan 1 (biner) agar
dapat diolah oleh komputer. Jadi nantinya semua basis bilangan
harus dapat dikonversikan ke basis biner.
2.2.4 Representasi Bilangan
Membahas tinjauan secara software dan hardware bagaimana
sistem bilangan disimpan dalam memori dan ditampilkan Tiga
sistem bilangan:
• Bilangan bulat positif (unsigned Integer)
• Bilangan bulat negatif (signed Integer)
• Bilangan Pecahan (floating point)
2.2.5 Perkembangan Sistem Komputer
2.2.6 Generasi Komputer berdasarkan tekologinya
• Vacuum tube - 1946-1957
• Transistor - 1958-1964
• Small Scale Integration - 1965 on
o Up to 100 devices on a chip
• Medium Scale Integration - to 1971
o 100-3,000 devices on a chip
• Large Scale Integration - 1971-1977
o 3,000 - 100,000 devices on a chip P a g e | 14
• Very Large Scale Integration - 1978 to date
o 100,000 - 100,000,000 devices on a chip
• Ultra Large Scale Integration
o Over 100,000,000 devices on a chip
• Pentium Evolution
o 8080
• first general purpose microprocessor
• 8 bit data path
• Used in first personal computer – Altair
o 8086
• much more powerful
• 16 bit
• instruction cache, prefetch few instructions
• 8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
• 16 Mbyte memory addressable
• up from 1Mb
o 80386
• 32 bit
• Support for multitasking
o 8080
• first general purpose microprocessor
• 8 bit data path
• Used in first personal computer – Altair
o 8086
• much more powerful
• 16 bit
• instruction cache, prefetch few instructions
• 8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC
o 80286
• 16 Mbyte memory addressable
• up from 1Mb
o 80386
• 32 bit
• Support for multitasking
• Pentium II
o MMX technology
o graphics, video & audio processing
• Pentium III
o Additional floating point instructions for 3D graphics
• Pentium 4
o Note Arabic rather than Roman numerals
o Further floating point and multimedia enhancements P a g e | 15
• Itanium
o 64 bit
2.3 Sejarah Perkembangan Komputer
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka
perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940
b. Setelah tahun 1940
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.
Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu
manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa
mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala
berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti
pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.
Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa
supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon
yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga
alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita
golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat
sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah
menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik
yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh
secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik
penuh.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum
ditemukannya komputer :
1. Abarcus P a g e | 16
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap
sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan
penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian
geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu
menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa,
Abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kalkulator Roda numerik
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin
komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada
waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu
ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan
delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga
delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan
penjumlahan.
3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti P a g e | 17
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-
roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang
dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat
melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam
kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya,
arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu
membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang
sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris,
Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage
memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas
yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika
membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan
mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk
melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut
dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan
kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja
dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang
pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta
Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan
mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari
pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik
tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk
dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi
programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa
pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip
kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya
adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan P a g e | 18
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya
yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro
tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun
untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru
lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator
untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin
tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang
selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang
dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V.
Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik
yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan
ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa
sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan
matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan
mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer
elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti
karena kehilangan sumber pendanaan.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5
generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk
memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah
terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk
menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak
tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli
dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.
Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
P a g e | 19
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal
sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang
dikemukakan oleh John Von Neuman.
b. EDVAC Computer
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan
komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC Computer
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk
menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1
(Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan
untuk memproses data perdagangan.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi
perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, P a g e | 20
radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih
dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam
jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu
kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan
digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan
yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington
D.C.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-
singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka
juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan
komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem
operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401
yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer
dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang P a g e | 21
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa
tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain
produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-
Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai
umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang
rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah
dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram
dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua
ini.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi
merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon
kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip
tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin
kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang
memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,
Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah
chip tunggal. P a g e | 22
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang
logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama
kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi,
dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk
menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan
tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke
masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.
Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word
processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC
yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang
berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat P a g e | 23
dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan
sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan
komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan
piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,
cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan
bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi
memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi
satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer
tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu
proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local
area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang
menjadi sangat besar.
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan
rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan
dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya
dapat mempercepat kecepatan informasi P a g e | 24
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan
proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang
menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi
mana yang lebih valid dan membuahkan hasil. P a g e | 25
BAB III PENUTUP
Jadi kelompok kami menyimpulkan bahwa :
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak
bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. SoftWare ( Perangkat Lunak )
- Operaning System
- Program Aplikasi
- Program Language
3. Brainware ( Orang yang Mengoperasikan Komputer )
Perkembangan komputerpun sangat cepat sekali dan dapat di bagikan
menjadi 5 generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - Sekarang )
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat
guna proses pembelajaran khususnya bidang studi Pengantar Ilmu komputer.
Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam
penulisan/pembahasan kami mohon maaf, karena kami masih dalam proses
pembelajaran. Terimakasih. P a g e | 26
DAFTAR PUSTAKA
http://www.azmifauzan.web.id
http://id.wikipedia.org
http://laeguru.wordpress.com/
Modul STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar